Minggu, 29 Mei 2016

BAKUMAN



Judul Buku                  :           Bakuman
Penulis Cerita              :           Tsugumi Ohba
Ilustrasi Gambar          :           Takeshi Obata
Penerbit                       :           PT Gramedia
Alih Bahasa Indonesia:           Akita Priandana dan Arswini Rosita
Penyunting                  :           Gupta Mahendra
Re-design Cover         :           Heru Lesmana
Tahun Terbit                :           2013
Jumlah komik              :           20





Karakter
·         Moritaka Mashiro
·         Takagi Akito
·         Azuki Miho
·        Miyoshi Kaya
·        Eiji Nizuma

Sinopsis
Bakuman berkisah tentang dua orang siswa kelas 3 SMP bernama Moritaka Mashiro dan Akito Takagi yang bercita-cita untuk menjadi pengarang komik terkenal. Awalnya Mashiro tidak memiliki minat yang kuat untuk menjadi pengarang manga mengingat pamannya meninggal karena pekerjaanya sebagai mangaka, tetapi Takagi bersikeras membujuknya agar mau bekerjasama dengannya. Tahu Mashiro menyukai seorang gadis yang satu kelas dengannya, Takagi menggoda Mashiro bahwa Ia akan menyatakan cinta pada Miho Azuki, gadis yang disukai Mashiro. Sampai di rumah Azuki, Mashiro baru mengetahui ternyata dia ingin menjadi Seiyuu terkenal dan meminta dia untuk mengisi suara untuk tokoh anime ciptaannya. Azuki menyetujuinya, dan dimulailah petualangan Mashiro sang penggambar dan Takagi sang penulis cerita.

Kelebihan
·        Bakuman memiliki karakter-karakter menarik, yang datang dari tokoh-tokoh pendukung. Yang menarik dari kedua protagonisnya nggak datang dari karakterisasi, melainkan kisah yang mengelilingi dan membentuk mereka.
·        Pembaca seolah seperti berada di dalam industri manga di Jepang. Semua itu dijalin rapi dengan perkembangan karakter setiap tokoh yang ada di dalamnya. Komik ini memperlihatkan hubungan, peran, serta kinerja antara mangaka dengan editornya, cara mangaka bekerja, cara editor bekerja, sampai ke tahap-tahap produksi manga yang sebenarnya hanya bisa kita asumsikan saja
·        Bakuman memberi contoh sempurna tentang bagaimana semangat dan kerja keras adalah kunci kesuksesan.


Kekurangan
Protagonis utama Bakuman, Mashiro Moritaka alias Saiko, adalah karakter paling stereotype di serial ini, karena sebagai dampaknya, dia memberi jalan pada karakter-karakter lain untuk jauh lebih bersinar dibandingkan dirinya sendiri.

Penilaian
Anime ini benar-benar sangat inspiratif. Alur cerita BAKUMAN yang begitu alami tetap terasa romantis, menegangkan, lucu, cerdas, penuh kata-kata mutiara dan pola pikir yang berbeda.
Rating penulis : 5/5
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar