Kamis, 04 Mei 2017



Postingan kali ini gue mau cerita “apasih yang gue perdalam selama 8 semester kuliah di Gunadarma?”. Awalnya  gue kuliah belajar ya gitu-gitu aja belum tertarik sama pemrograman, nah! Pada suatu hari gue tersadar udah menjelang semester akhir tapi belum punya potensi untuk bisa melakukan sesatu yang berhubungan sama jurusan gue dan akhirnya gue mencoba mulai belajar pemrograman. Belajar PHP karena banyak lowongan pekerjaan seperti software enginering yang mengutamakan mahir dalam pemrograman seperti Java, JavaScript, HTML, CSS dan PHP.


Akhir-akhiir ini gue mulai tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman berbasis web salah satunya PHP dan kebetulan banget karena semester 8 ini ada mata kuliah pemrograman berbasis web jadi sekalian aja gue belajar. Kenapa sih gue jadi tertarik belajar pemrograman? Yap, menurut gue belajar pemrograman itu seru dimana gue harus menampilkan sebuah output yang diinginkan dan tantangannya adalah ketik sudah mulai ngoding suatu program gue harus benar-benar teliti dalam menuliskan sebuah algoritma yang dijabarkan ke dalam program tersebut, salah sedikit program bisa jadi error dan harus dicari dimana letak kesalahannya. PHP itu menurut gue  bahasa pemrograman yang cukup simpel dipelajari apalagi yang masih awam. Selain PHP, pemrograman web yang dipelajari mulai dari dasar-dasar HTML kemudian CSS, lanjut lagi Java Script dan sampai terakhir 2 minggu lalu mulai masuk belajar database menggunakan MySql. Belajar programming dengan cara otodidak, mulai belajar PHP dari sebuah website yang menyediakan fitur belajar sebuah pemrograman, untuk versi bahasa inggrisnya yaitu codeacademy.com sedangkan versi bahasa indonesianya yaitu codesaya.com, kedua website tersebut cocok banget untuk pemula karena cara belajarnya itu seperti tutorial, ada pengenalan syntax, variabel dll, di website tersebut memberikan sebuah clue untuk menyelesaikan program yang dia inginkan.

Di codeacademy banyak sekali bahasa pemrograman yang tersedia untuk dipelajari seperti HTML & CSS, Java, PHP, Python, C++, SQL, Ruby, jQuery dll, sedangkan di codesaya hanya menyediakan Python, JavaScript, PHP dan Git saja. Pertama kali gue main di codeacademy itu belajar HTML, CSS di situ gue belajar cara membuat sebuah tampilan website dari membuat judul, tabel, memasukkan gambar, nge-link ke halaman lain dan banyak lagi setelah tampilan ebsite selesai gue menyempurnakan tampilan dengan CSS. Sudah selesai main-main sama HTML & CSSnya, gue beralih ke codesaya yang menggunakan bahasa indonesia agar bisa dimengerti dengan mudah, kalau di codeacademy berhubung kemampuan bahasa inggris gue kurang baik jadinya gue mesti bolak-balik ke google translate untuk menerjemahkan bahasanya, dan itu capek!. Di codesaya gue langsung belajar PHP dan sampai sekarang masih 83%, sedangkan JavaScript gue baru sampai 31%. Di codesaya untuk menilai kemampuan dari seorang programer menggunakan sebuah lencana, sampai saat ini lencana saya masih letnan. Tidak hanya belajar melalui website saja tapi saya juga belajar dari blog-blog orang, youtube dan juga dari buku. Nah, untuk jadi seorang programer pro itu gak mudah, kita harus terus belajar dan terus asah kemampuan programing kita, di awal memang terlihat sulit tapi kalo sudah jadi pro itu akan menjadi terlihat mudah. Jadi itulah apa yang ingin gue kembangkan di hardskill gue, seian dan terima kasih.
                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar