Jumat, 25 Maret 2016

About Rubik's Cube

           Rubik’s Cube atau kubus rubik adalah sebuah permainan puzzle mekanis berbentuk kubus yang mempunyai dimensi dimana setiap sisinya dibagi menjadi 9 buah kotak kecil yg memiliki sekelompok warna awalan yang sama pada tiap sisinya (putih, merah, biru, oranye, hijau dan kuning) dan dapat diputar sedemikian rupa sehingga menghasilkan warna yang berada pada tiap sisinya itu teracak. Cara memainkannya adalah dengan mengacak dan mengembalikan warna yang teracak tersebut ke sisi-sisi yang sebenarnya sesuai dengan kelompok warnanya.
Rubik’s Cube diciptakan pada tahun 1974 oleh Profesor Ernö Rubik, seorang arsitektur dan pemahat tunggal asal Hungaria. Rubik’s Cube yang pertama kali diciptakannya berbentuk kotak berdimensi 3x3x3 mempunyai 6 sisi dengan warna yang berbeda pada tiap sisinya. Puzzle ini memulai kemunculannya di toko-toko mainan dengan nama büvös kocka (magic cube). Mulai tahun 1980, Namanya berubah menjadi Rubik’s Cube mengikuti nama sang penemu, seketika itu juga Rubik’s Cube telah laris manis di negaranya sendiri. Puzzle inipun mulai disukai dari anak-anak hingga dewasa. Dan karena itulah kenapa saya sangat tertarik dengan permainan ini, karena ada sesuatu yang memikat dari kubus kecil ini adalah mempunyai bentuk dan konsep yang sederhana, elegan, namun sangat sulit diselesaikan.
Sebuah Rubik’s Cube mempunyai 43,252,003,274,489,856,000 atau sekitar 43 quintillion (miliar miliar) kombinasi posisi yang memungkinkan, walaupun seringkali hanya disebutkan mempunyai “jutaan” kemungkinan, yang disebabkan betapa besarnya angka-angka tersebut. Namun meskipun mempunyai kemungkinan posisi yang teramat sangat banyak, Kubus Rubik dapat diselesaikan dalam rata-rata 56 gerakan/putaran saja, bahkan bisa kurang dari itu.
Definisi dalam speedcubing adalah menyelesaikan rubik dengan waktu secepat mungkin. Karena begitu menariknya permainan ini maka di selenggarakanlah kompetisi untuk menyelesaikan rubik. Satu demi satu telah diadakan kompetisi untuk menyelesaikan permainan ini di berbagai negara, dan untuk pertama kalinya diadakan kompetisi rubik yang antaranya adalah American Rubik’sdunia Cube Championship (November 1981), United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), Canadian Rubik’s Cube Championship (Maret 1982), dan Dutch National Rubik’s Cube Championship (April 1982). Puncaknya pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya di adakan kompetisi rubik dunia yaitu World Rubik’s Cube Championship di Budapest, dimana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan dengan Rubik’s Cube dan para competitor dipertemukan oleh competitor dari berbagai negara untuk berkompetisi menyelesaikan Rubik’s Cube secepat-cepatnya. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berusia 16 tahun dari Los Angles, Minh Thai, Menyelesaikan Rubik’s Cube dengan catatan waktu 22,95 detik.
Sampai tahun 2014 ini sudah banyak sekali kompetisi Rubik’s Cube yang di adakan di luar maupun dalam negeri. Kini kompetesi rubik tidak hanya memperlombakan rubik berdimensi 3x3x3 saja tapi rubik berdimensi 2x2 hingga 7x7x7 dan juga berbagai macam bentuk rubik yang unik seperti Pyraminx, Megamix, Skweb, Clock, Square-1. Kompetisi yang diperlombakan juga di selesaikan dengan berbagai variasi, dari menyelesaikan dengan mata tertutup (Blindfolded Solving) atau menyelesaikan rubik sebanyak-banyaknya dengan mata tertutup (Multiple Blindfolded Solving) untuk menyelesaikan rubik dengan mata tertutup rubik yang di gunakan hanya berdimensi 3x3x3 hingga 5x5x5, kecuali multiple blindfolded solving yang hanya menyelesaikan 3x3x3 saja. Ada juga yang menyelesaikannya dengan satu tangan (One Handed Solving) bebas ingin menggunakan tangan kanan/kiri. Menyelesaikan rubik dengan menggunakan kaki (With Feet), ada juga menyelesaikan rubik dengan gerakan rubik yang paling sedikit (Fewest Moves). Untuk melihat rekor dunia dan catatan waktu lengkap dari speedcuber dunia ada di www.worldcubeassociation.org.
Kompetisi bisa dibagi ke dalam kompetisi official (resmi) dan unofficial (tidak resmi). Kompetisi resmi hanya diselenggarakan oleh WCA, catatan waktu yang diselesaikan akan tercantum di dalam peringkat speedcuber di dunia. Indonesia telah berhasil mengadakan kompetisi official pertamanya, yaitu Rubik’s Cube Indonesia Open 2009 yang diseleggarakan pada 30 Agustus 2009 silam. Saya sendiri baru mengikuti 2 kompetisi yang berada di Jakarta yaitu Jakarta Open 2012 dan Jakarta Speedcubing 2013. Hingga tahun 2014 ini sudah banyak sekali rekor-rekor yang terpecahkan dari dalam maupun luar negeri. Rekor nasional saat ini di di pecahkan oleh seorang pelajar yaitu Stephen Adhisaputra dengan catatan waktu 6.84 detik disusul pada urutan kedua oleh seorang pelajar juga, Vincent Hartanto Utomo dengan waktu 6.96 detik. Sedangkan untuk kategori dunia dipecahkan oleh pemuda asal belanda, Mats Valk dengan waktu 5.55 detik dan disusul urutan kedua oleh seorang pelajar asal Australia Felix Zemdegs dengan waktu 5.66 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar