Minggu, 30 Maret 2014

Menumbuhkan Budaya Lokal Dalam Perguruan Tinggi



Pendahuluan

Budaya asli kebudayaan Nasional Indonesia biasanya didefinisikan sebagai budaya lokal, berbagai macam keragaman yang ada di Indonesia dari sebuah kelompok masyrakat lokal di setiap daerah di Indonesia. Akan tetapi di zaman modern sekarang budaya lokal agak terlupakan pada pengaruh masuknya budaya asing ke Indonesia. Perkembangan budaya lokal di Indonesia juga mempengaruhi generasi muda di seluruh wilayah Indonesia dalam menjaga, melestarikan, dan menanam nilai budaya lokal. Masyarakat yang ada didalamnya semakin hari semakin terpengaruh dan lebih nyaman dengan budaya masyarakat luar, tidak terkecuali bagi seorang pelajar ataupun mahasiswa.
Lalu apa yang dimaksud dengan budaya lokal itu sendiri? Apa pengaruh budaya lokal terhadap generasi muda Indonesia? Apa dampak budaya asing tehadap budaya lokal di Indonesia? Dan bagaimana cara generasi muda menjaga dan menanamkan nilai nilai yang ada pada budaya lokal di Indonesia? Saya akan menjelaskan hal-hal yang menjadi pertanyaan tersebut melalui tulisan ini.
Maksud dari tujuan penulisan ini agar para pembaca di blog saya bisa mengetahui tentang apa itu budaya lokal di Indonesia, apa pengaruh budaya lokal di generasi muda Indonesia, dampak budaya asing terhadap budaya lokal yang telah masuk ke Indonesia, serta bagaimana generasi muda termasuk saya sendiri menjaga, melestarikan, dan menanamkan norma dan nilai yang ada di budaya lokal itu agar budaya lokal tetap di budidayakan dan tidak di lupakan oleh masyarakat Indonesia.

Pembahasan

                Budaya lokal adalah suatu hidup masyrakat Indonesia yang berkembang dan di miliki bersama oleh sebuah kelompok yang ada di setiap daerah di indonesia dan di wariskan dari generasi ke generasi secara turun menurun agar dapat dilestarikan dan dipelajari oleh generasi selanjutnya. Budaya lokal juga sebagai  ciri khas di daerah daerah yang ada di Indonesia, seperti daerah Sumatra utara yang memiliki ciri khas berbicara keras dan bermayoritaskan suku batak, Ciri khas itu lah salah satu yang menyebabkan terjadi nya budaya budaya yang ada di Indonesia. Ggenerasi muda juga ikut berperan dalam budaya lokal. Peran generasi muda dalam budaya lokal Indonesia sangat banyak, seperti  melestarikan budaya – budaya lokal yang ada di Indonesia dan memajukan daerah daerah yang ada di Indonesia dengan budaya nya.
Ada beberapa cara peran pemuda dalam memajukan, menjaga, dan melestarikan budaya daerah nya, seperti :
      1.       Memperkuat Pendirian dan Akidah
      2.       Meningkatkan Intelektualitas
      3.       Generasi Muda Sebagai Aset Masa Depan
      4.       Kesadaran Masryrakat Melestarikan Budaya
Adapun dampak dari budaya lokal terhadap Indonesia dan Generasi muda. Dampak positif dari budaya lokal terhadap Indonesia yaitu kita dapat mempelajari tentang budaya kita sendiri jadi kita bisa mengetahui lebih banyak tentang budaya lokal Indonesia agar bisa menjaga dan melestarikan nya di dunia, jika kita mengenal tentang budaya kita sendiri kita dapat memperkenalkan dan memperlihatkan budaya kita ke negara lain, bangga memiliki budaya yang di wariskan oleh leluhur untuk perilaku sifat yang bisa menjadi baik. Adapun dampak negativnya dapat menghilangkan budaya asli Indonesia, memungkinkan hilangnya suatu kebudayaan karena masuk ada nya percampuran budaya lokal dengan budaya asing, Tidak ada nya penerus yang mempertahan dan melestarikan budaya lokal Indonesia, Remaja di Indonesia semakin merasa bebas dan berkurang nya perilaku perilaku kesopanan, dan tidak saling menghormati antara orang lebih tua dan lebih muda.
Sebegai generasi muda bangsa Indonesia yang bakal meneruskan budaya yang ada di Indonesia sudah seharus nya menggali potensi dirinya dan berupaya untuk mengaktifkan lagi kebudayaan daerah yang sebagian besar sudah tergeserkan oleh nilai budaya asing. Kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia sudah seharus nya berpikir untuk menghidupkan kembali budaya budaya yang mulai punah, sehingga budaya yang punah itu bisa di bangkitkan dan di kenal lagi oleh penerus kita agar tidak di plagiatkan oleh Negara lain.

Penutup

                Walaupun di Indonesia terdapat banyak sekali keanekaragaman budaya, tidak meminilisir kemungkinan masuknya budaya asing ke Indonesia. dapat di simpulkan bahwa pengaruh budaya lokal di Indonesia berpengaruh besar terhadap generasi muda Indonesia. Jadi, generasi muda Indonesia harus bisa menanamkan nilai-nilai budaya lokal serta menjadi landasan hidup mereka untuk selalu mengingat pada norma – norma dan aturan yang ada di masyrakat Indonesia dan bisa bangga, melestarikan, dan membudidayakan budaya Indonesia dan serta menjauhi dampak negative dari kebudayaan asing.

Referensi

http://naringgoyudo.wordpress.com/2013/06/30/pengaruh-budaya-lokal-terhadap-generasi-muda-bab-i-pendahuluan-1-1/

Nama : Garuda Firmansyah
Npm : 13113658
Kelas : 1KA08 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar