Selasa, 19 Juli 2016

Komunikasi Efektif



Komunikasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, namun sayangnya tidak semua manusia dapat berkomunikasi dengan efektif. Bagaimana caranya sehingga manusia dapat mencapai komunikasi yang efektif?

Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu kebutuhan bagi setiap manusia sebagai makhluk sosial, karena setiap harinya bagi setiap manusia pasti melakukan komunikasi di sekitarnya. Agar kita dapat berkomunikasi secara efektif tentu diperlukan keterampilan berbicara. Komunikasi yang efektif adalah cara berbicara kepada lawan agar lebih menarik dan jelas, sehingga dapat dimengerti dan mencapai tujuan yang diharapkan di dalam komunikasi.  

Baik dirumah maupun lingkungan social, pasti sering terjadi miskomunikasi yang dapat mengarah kepada adu argumentasi bahkan di tempat kerja dampaknya bisa lebih dahsyat. Kita ambil contoh saat sedang presentasi di tempat kerja pastinya kemampuan berbicara akan sangat di perhatikan dan bagaimana cara kita agar dapat berbicara di muka umum dalam menyampaikan sebuah ide, gagasan atau bahkan melakukan klarifikasi. Keahlian dalam presentasi salah satu dari sekian keahlian yang akan meningkatkan kemampuan berbicara di muka umum.

Keahlian presentasi merupakan salah satu bagian dari kemampuan berbicara di muka umum ternyata adalah suatu pengetahuan dan keahlian. Sehingga siapapun bisa melakukan dan memiliki keahlian. Sebagaimana seorang presenter yang hebat adalah yang mampu berbicara dengan efektif dan menginspirasi orang di hadapannya, juga mampu mentransfer gagasan secara jelas dan persuasif.

Contoh lagi saat di tempat kerja saat kita sedang berbicara dengan atasan atau bawahan haruslah berbicara dengan jelas dan persuasif agar komunikasi dapat terkendali dengan baik. Jadi cara berkomunikasi itu tidak hanya asal-asalan tetapi harus diperhatikan juga cara kita dan lawan bicara kita berbicara sehingga komunikasi dapat dimengerti dan mencapai tujuan yang di harapkan

Reference 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar