Komunikasi
tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, namun sayangnya tidak semua
manusia dapat berkomunikasi dengan efektif. Bagaimana caranya sehingga manusia
dapat mencapai komunikasi yang efektif?
Komunikasi
pada dasarnya merupakan suatu kebutuhan bagi setiap manusia sebagai makhluk sosial,
karena setiap harinya bagi setiap manusia pasti melakukan komunikasi di
sekitarnya. Agar kita dapat berkomunikasi secara efektif tentu diperlukan
keterampilan berbicara. Komunikasi yang efektif adalah cara berbicara kepada
lawan agar lebih menarik dan jelas, sehingga dapat dimengerti dan mencapai
tujuan yang diharapkan di dalam komunikasi.
Baik dirumah
maupun lingkungan social, pasti sering terjadi miskomunikasi yang dapat
mengarah kepada adu argumentasi bahkan di tempat kerja dampaknya bisa lebih
dahsyat. Kita ambil contoh saat sedang presentasi di tempat kerja pastinya
kemampuan berbicara akan sangat di perhatikan dan bagaimana cara kita agar
dapat berbicara di muka umum dalam menyampaikan sebuah ide, gagasan atau bahkan
melakukan klarifikasi. Keahlian dalam presentasi salah satu dari sekian
keahlian yang akan meningkatkan kemampuan berbicara di muka umum.
Keahlian
presentasi merupakan salah satu bagian dari kemampuan berbicara di muka umum
ternyata adalah suatu pengetahuan dan keahlian. Sehingga siapapun bisa
melakukan dan memiliki keahlian. Sebagaimana seorang presenter yang
hebat adalah yang mampu berbicara dengan efektif dan menginspirasi orang di
hadapannya, juga mampu mentransfer gagasan secara jelas dan persuasif.
Contoh lagi saat di tempat kerja
saat kita sedang berbicara dengan atasan atau bawahan haruslah berbicara dengan
jelas dan persuasif agar komunikasi dapat terkendali dengan baik. Jadi cara
berkomunikasi itu tidak hanya asal-asalan tetapi harus diperhatikan juga cara
kita dan lawan bicara kita berbicara sehingga komunikasi dapat dimengerti dan
mencapai tujuan yang di harapkan
Reference
Tidak ada komentar:
Posting Komentar