Kamis, 26 Maret 2015

Pengertian Dan Arti Penting Komunikasi



Komunikasi adalah suatu penyampaian pesan ide atau gagasan dari pihak satu ke pihak lainnya agar terjalin suatu hubunhan yang mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya komunikasi menggunakan kata-kata dan kalimat biasa sehingga dapat dimengerti oleh kedua pihak. Dengan berkomunikasi perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi dilakukan manusia baik secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Komunikasi tidak hanya terkait dengan bahasa dalam menggunakan kata-kata ataupun kalimat, tapi komunikasi juga terkait dengan menggunakan gerakan tubuh, tatapan mata serta mungkin intonasi. Sebagai makhluk social kita tidak bisa terhindar dari komunikasi menyampaikan dan menerima pesan dari dan ke orang lain.
Tindakan komunikasi ini terus menerus terjadi selama proses kehidupannya. Semua orang tahu bahwa komunikasi itu sangatlah penting, karena setiap orang tidak akan lepas dari komunikasi. Dalam kehidupan sehari-hari kita melihat pasti setiap orang di sekitar kita menjalin hubungan komunikasi pada seseorang atau sekelompok orang.

Setiap makhluk punya cara komunikasi masing-masing, kita tak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama karena pada dasarnya berkomunikasi, menyampaikan pesan itu asal dilakukan dengan baik dan benar, serta dalam keadaan saling terbuka, fikiran jernih tanpa sentimen dan perasaan negatif, pasti maksud yang ingin disampaikan dapat diterima.
Seperti itulah singkatnya pengertiang dan arti penting kmunikasi. Manusia memang tidak bisa lepas dari komunikasi, karena komunikasi bagi setiap orang adalah sudah menjadi kebiasaan dan kebudayaan sehari-hari karena manusia adalah makhluk social. Berinteraksi satu sama lain sangatlah penting untuk saling menerima dan menyampaikan sebuah informasi baik lisan maupun tulisan, baik formal ataupun non formal.


Reference

https://duniatugasasri.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar