Selasa, 14 Oktober 2014

The Organization Around



Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya. Dengan berorganisasi kita menambah pengalaman, dengan berorganisasi kita dapat menyatukan pemikiran – pemikiran bersama untuk merndapatkan tujuan yang tidak dapat dilakukan secara sendiri – sendiri . Sebelumnya saya belum pernah mengikuti organisasi yang berada di lingkungan rumah saya tetapi ada beberapa organisasi yang saya ketahui di sekitar lingkungan saya. Berikut ini adalah organisasinya:

1.      PKK

PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Biasanya PKK adalah para ibu – ibu yang memiliki tujuan seperti perencanaan kesehatan, gotong royong, menjaga kebersihan lingkungan dan sebagainya.

2.      Rukun tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW)

Rukun Warga ( RW ) dan Rukun Tetangga ( RT ) adalah organisasi masyarakat yang di akui dan di bina oleh Pemerintah , untuk memelihara dan melestarikan nilai nilai kehidupan di dalam masyarakat INDONESIA yang berdasarkan Kegotongroyongan dan Kekeluargaan serta untuk membantu meningkatkan kelancaran tugas Pemerintah dalam pembangunan dan kemasyarakatan di DESA dan KELURAHAN. RW bukanlah termasuk pembagian administrasi pemerintah dan pembentukannya adalah melalui MUSYAWARAH masyarakat setempat dalam rangka pelayanan masyarakat yang di tetapkan oleh Desa atau Kelurahan. Rukun Warga ( RW ) di pimpin oleh seorang Ketua RW yang di pilih oleh warganya dimana sebuah RW terdiri atas sejumlah Rukun Tetangga ( RT ). RUKUN TETANGGA ( RT ) adalah pembagian wilayah di INDONESIA di bawah RW, RT bukanlah termasuk pembagian administrasi pemerintahan dan pembentukannya adalah melalui ” MUSYAWARAH ” masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang di tetapkan oleh Desa atau Kelurahan .
Tugas RT dan Rw hampir sama dimana RT bertugas untuk
a.      Membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab Pememerintah Kota ataupun Pemerintah Kabupaten.
b.      Memelihara Kerukunan Hidup Warga.
c.       Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan ASPIRASI dan swadaya murni masyarakat .
Adapun fungsinya dalam menjalankan tugas sebagai RT
a.      Pengkordinasian antar warga.
b.      Pelaksanaan dalam menjembatani hubungan antar sesama anggota masyarakat dengan Pemerintah Daerah ( PEMDA ).
c.       Penanganan masalah masalah kemasyarkatan yang di hadapi warga.

3.      Pelestarian lingkungan

Organisasi ini bergerak dalam pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan organisasi ini adalah memelopori gerakan cinta kepada bumi sebagai satu-satunya planet yang dihuni manusia. Organisasi ini mengajak warga untuk menyelamatkan bumi yang saat ini terancam kerusakan yang semakin nyata. Semua warga boleh ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan ini termasuk anak-anak karena anak-anaklah yang akan meneruskan generasi kita dan harus belajar untuk melestarikan bumi dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar