Rabu, 23 Juli 2014

Pandangan Hidup Sebagai Sarana Orientasi Tindakan Hidup



I. Pendahuluan
Pada dasarnya setiap manusia mempunyai pandangan tentang kehidupan yang berbeda-beda untuk menentukan masa depan mereka dan harus dipersiapkan secara rinci sejak dini. Itu dikarenakan pandangan hidup mempunyai sifat kodrati. Manusia terlahir dari kepribadiannya masing-masing yang mempunyai pandangan hidup sendiri-sendiri dan apa yang dilakukan tergantung pada pandangan hidupnya.
Maka dari itu kita harus mengetahui apa arti dari pandangan hidup itu sendiri. Dan mengapa pandangan hidup sangat berkaitan oleh tindakan yang kita ambil? Bagaimana pandangan hidup agar dapat menjadi sarana yang baik untuk kehidupan kita? Dan seberapa pentingkah pandangan hidup untuk kehidupan? Oleh karena itu saya akan membahas tentang pandangan hidup yang telah saya pahami dari berbagai artikel secara singkat disini.

II. Pembahasan
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup, pandangan hidup yang mempunyai sifat kodrati mempunyai arti dari pendapat atau pertimbangan atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah  menurut  waktu  dan tempat  hidupnya. Pandangan hidup merupakan dasar untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. Pandangan hidup untuk diri sendiri juga sangat bertentangan dengan pandangan hidup orang lain, itulah yang sering memicu perdebatan diantara umat manusia dalam kehidupan sehari hari.
Pandangan hidup bisa di sebut sebagai ideology apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai sebagai pendukung organisasi. Ada beberapa unsur yag mendasari pandangan hidup yaitu cita-cita, kebijakan, usaha, keyakinan/kepercayaan. Setiap orang pasti mempunyai cita-cita yang diinginan yang mungkin dapat di capai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagoa, damai, tentram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan. Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jasmana, dan kepercayaan kepada Tuhan. Jadi Pandangan Hidup sangat penting bagi Manusia karena pandangan hidup pendapat seseorang yang akan dijadikan pedoman hidup seseorang.

III.  Penutup
Pada akhirnya setiap tindakan yang dilakukan manusia akan menggunakan pandangan hidup. Karena pandangan hidup merupakan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia untuk mencapai tujuan yang mereka tuju dan yang mereka inginkan. Agar tujuan atau cita-cita yang kita inginkan tercapai dengan sempurna sesuai dengan yang kita inginkan maka dari itu kita harus mengenal, mengerti, memahami, menghayati, meyakini, mengabdi, dan mengamankan tentang apa yang akan dilakukan jika kita menggunakan pandangan hidup tersebut.

Referensi

http://abra139210.wordpress.com/2011/03/27/manusia-dan-pandangan-hidup/
di unduh 24 juli 2014
http://sanusiadam79.wordpress.com/2013/04/25/manusia-dan-pandangan-hidup/
di unduh 24 juli 2014

Garuda Firmansyah
1KA08
13113658

Tidak ada komentar:

Posting Komentar